7 Cara Desain Website Bisnis yang Baik

cara desain website bisnis yang baik

Table of Contents

Di era digital, sebagian besar pelaku bisnis berlomba-lomba untuk membuat website bisnis yang baik dan menarik. Tak ayal, website dapat membantu kamu dalam menjangkau target pasar yang lebih luas dan tidak terbatas ruang dan waktu. Konsumen kamu juga akan lebih mudah untuk dalam melihat barang yang diinginkan terkait dengan detail dan ketersediaan barang.

Lantas, bagaimana cara desain website bisnis yang baik? Simak ulasannya!

7 Cara dalam Mendesain Website

Dalam membuat website apapun jenisnya, diperlukan tahapan-tahapan khusus agar tampilan website menarik dan juga memudahkan para pengunjung dalam mengoperasikan. Umumnya, cara desain website adalah sebagai berikut:

1. Merancang Desain dan Template

Tentu saja, tahapan yang pertama adalah merancang desain dan template website yang nantinya akan diluncurkan. Kamu dapat menjadikan website bisnis milik orang lain sebagai salah satu referensi. Di samping itu, selalu pastikan bahwa desain dan template yang kamu rancang sesuai dengan tema produk yang akan kamu pasarkan. Hal ini karena berkaitan dengan ketertarikan konsumen dalam membeli produk dari bisnis kamu. Tema yang senada akan membuatnya jauh lebih baik.

2. Menentukan Fitur Website

Setelah merancang desain dan template, tahapan selanjutnya adalah menentukan fitur yang akan digunakan pada website. Karena ini website bisnis, kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti keranjang, kategori produk, redirect ke pembayaran, hingga kontak customer service.

Lebih jauh, kamu bisa menambahkan AI assistance yang berisi mengenai penjelasan ringkas terhadap isi website dan bagaimana cara membeli produk yang benar. Selain menarik, fitur ini akan memanjakan konsumen karena terkesan futuristik.

3. Buat Nama Domain yang Sesuai

Selanjutnya, kamu perlu membuat nama domain yang sesuai dengan tema bisnis atau produk yang kamu jual agar lebih memudahkan konsumen. Misalnya, jika kamu adalah pengusaha kopi, maka kamu bisa menggunakan domain www.kopikita.com; atau jika kamu menjual produk batik, maka kamu bisa memakai domain www.batikkita.com. Artinya, domain website bisnis yang kamu gunakan menunjukkan identitas dari apa yang kamu jual.

4. Memilih Web Hosting

Tahapan cara desain website bisnis selanjutnya adalah memilih web hosting untuk menyimpan data yang ada pada website. Kamu harus memastikan bahwa web hosting telah sesuai dengan kebutuhan agar performa website dapat berjalan optimal dan aman. Karena, konsumen akan cenderung meninggalkan website ketika website berjalan lambat dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses tindakan. Jika ini terjadi, kamu bisa saja kehilangan calon konsumen.

5. Membuat Katalog Produk

Dalam cara mendesain website, membuat katalog produk yang dipasarkan tidak boleh disepelekan. Pastikan bahwa kamu telah membuatkan seluruh informasi penting produk yang ingin ditonjolkan mulai dari keunggulan, bahan, harga, hingga ulasan konsumen. Ini memungkinkan konsumen untuk tidak menghabiskan banyak waktu bertanya kepada customer service kamu.

6. Mencantumkan Kontak Bisnis / Customer Service

Selanjutnya, yang perlu kamu lakukan adalah mencantumkan kontak atau customer service bisnis. Hal ini berkaitan dengan kontak dengan konsumen apabila mereka memiliki pertanyaan seputar produk atau apapun yang berkaitan pada bisnis.

7. Hubungkan pada Semua Channel Penjualan

Tahapan cara desain website yang terakhir adalah menghubungkan semua channel penjualan satu sama lain. Ini dapat kamu lakukan jika kamu telah memiliki akun media sosial bisnis atau toko online di marketplace. Dengan demikian, konsumen dapat dengan mengakses website dari mana saja.

Membuat nama domain dari laptop untuk website bisnis yang baik

Source: Unsplash

Kriteria Website Bisnis yang Baik?

1. Tampilan Website yang Menarik

Selayaknya website bisnis pada umumnya, mampu memberikan pengalaman yang positif bagi konsumen. Dengan kata lain, website dapat mengakomodasi kebutuhan para konsumen, dari pemilihan produk, kategori produk, pembayaran, dengan navigasi yang mudah dipahami oleh para konsumen.

2. Website Menyajikan Informasi Lengkap

Konsumen akan cenderung memilih website yang telah menyajikan informasi lengkap mengenai apa yang mereka butuhkan, seperti detail produk, alamat toko (jika ada) hingga siapa pemilik bisnis. Dengan demikian, konsumen mampu mendapat kenyamanan  dan ketenangan ketika ingin bertransaksi karena kredibilitas toko dan pemilik dapat dipertanggungjawabkan.

3. Promo dan Penawaran Spesial

Kamu bisa memberi konsumen promo dan penawaran yang spesial jika memesan langsung melalui website. Dengan begitu, memungkinkan mereka untuk sering mengecek website dan langsung melakukan pemesanan, ini akan membuat traffic website kamu meningkat.

Membuat konsep website bisnis yang baik

Source: Unsplash

Kenapa Desain Website yang Baik itu Penting?

Tentu saja, desain website bisnis yang baik dan menarik akan membuat konsumen betah berada di website kamu. Ini memungkinkan mereka untuk melakukan pembelian terhadap produk-produk yang kamu tawarkan. Terlebih lagi jika website kamu memiliki navigasi yang baik, mereka tidak perlu bingung bagaimana cara bertransaksi.

Lebih jauh, desain website bisnis yang baik juga menunjukkan keseriusan kamu dalam membangun bisnis, menciptakan kesan yang positif di mata konsumen. Sebaliknya, desain website yang asal-asalan dan tidak menghiraukan kerapihan akan berakhir sia-sia, konsumen tidak akan betah menjelajah lama-lama.

Membuat konsep rencana pembuatan website bisnis

Source: Unsplash

Keuntungan dari Memiliki Website untuk Bisnis Kamu?

Seperti yang telah kami jelaskan, website adalah salah satu cara memasarkan produk bisnis yang murah, efektif, dan efisien. Para konsumen yang berada jauh dari tempat bisnismu dapat dengan mudah melihat detail produk. Kamu juga bisa memberikan informasi lengkap seputar produk, promo hingga potongan harga. Menghubungkan media sosial bisnis dan toko online marketplace juga dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan website.

Mencari cara desain website untuk mendapatkan keuntungan bisnis

Source: Unsplash

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran website akan cukup membantu bisnis, baik dalam promosi maupun penjualan. Kamu dapat membuat website bisnis sedemikian rupa dengan mengikuti cara desain website ini. Meski begitu, tidak semua orang dapat membuat website karena membutuhkan keahlian khusus. Kamu butuh bantuan pembuatan website? Jangan khawatir, Pixie Digital siap membantu. Kami adalah digital marketing agency bali yang berpengalaman dalam pembuatan website selama 8 tahun. Hubungi kami sekarang!