Table of Contents
Source: Pixabay
Menjalankan bisnis bukan hanya sekedar kamu menjalankan bisnis itu saja. Akan tetapi dalam berbisnis, kamu juga harus menetapkan strategi agar bisnis kamu bisa berjalan lama. Yang paling utama yaitu tetapkan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan.
Mengapa demikian? Karena, dengan pelanggan yang puas dengna bisnis kita maka, akan menimbulkan adanya potensi dimana mereka sebagai pelanggan yang membeli produk atau jasa kita, akan melakukan pembelian kembali.
Lantas, Bagaimana cara agar kita mendapatkan kepuasan untuk pelanggan? Disini akan dijelaskan lebih detail mengenai cara membuat strategi meningkatkan kepuasan pelanggan untuk bisnismu dan mengapa kepuasan pelanggan itu sangat penting untuk jenjang bisnis yang kamu miliki.
Mengapa kamu perlu membuat pelanggan puas?
Membuat pelanggan puas terhadap bisnis yang kamu jalankan sangatlah penting karena, dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan perusahaan melalui pembelian ulang dan rekomendasi kepada orang lain.
Selain itu, pelanggan yang puas juga lebih mungkin untuk memberikan umpan balik yang positif, yang dapat digunakan untuk meningkatkan produk atau layanan perusahaan.
Dengan cara apa kita bisa membuat pelanggan puas dengan produk atau jasa yang kita sajikan?
Yaitu para pembisnis harus tetap menjaga konsistensi kepada pelanggan karena, dengan cara inilah produk atau jasa yang kamu tawarkan akan bisa melebihi kompetitor lainnya. menurut survey dari Gartner, 81% dari marketer kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor kompetisi dengan kompetitor.
Source: Pexels
Manfaat dari membuat strategi meningkatkan kepuasan pelanggan
Ketika kamu sudah menjalankan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan lantas, apa sih manfaat yang akan kita dapat dalam produk bisnis kita? Berikut penjelasan manfaat yang akan kamu dapat:
Meningkatkan Branding Bisnismu
Manfaat pertama yang akan kamu dapat apabila strategi meningkatkan kepuasan pelanggan berhasil yaitu brand bisnis kamu akan meningkat dan juga citra bisnis kamu menjadi citra yang positif seiring dengan berjalannya brand bisnis kamu yang meningkat.
Akan terjadi pembelian yang berulang-ulang
Manfaat yang kedua yaitu brand bisnis yang kamu miliki akan terjadi pembelian yang berulang-ulang.
Mengapa demikian? Karena, pelanggan akan selalu ingat soal brand bisnis dan pelayanan positif dari apa yang kamu berikan kepada pelanggan.
Bayangkan jika branding kamu bagus tetapi pelayanan yang kamu berikan buruk? Pastinya pelanggan juga akan mengingat itu dan mungkin produk yang kamu miliki akan hanya dibeli satu kali oleh pelanggan.
Menurut survey dari kaizo, Pelanggan lama membelanjakan rata-rata 31% lebih banyak dan 50% lebih mungkin untuk mencoba produk baru dibandingkan dengan pelanggan baru.
Loyalitas pelanggan yang lebih tinggi juga merupakan indikator tingkat kepuasan pelanggan.
Pelanggan yang loyal juga akan terus melakukan pembelian yang berulang-ulang untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan jadi dari sinilah, kamu akan mendapatkan pendapatan penjualan yang meningkat.
Penjualan akan meningkat
Manfaat yang ketiga sudah pasti penjualan kamu akan meningkat. Karena, seiring berjalannya pelayanan dan produk yang kamu miliki bagus maka, akan berjalan juga yang namanya penjualan meningkat.
Mengapa demikian? Karena pelanggan yang sudah puas dengan pelayanan dan kualitas produk yang kamu miliki, mereka akan sangat sulit untuk berpindah ke kompetitor yang lain.
Maka dari itulah, membuat strategi meningkatkan kepuasan pelanggan sangatlah penting untuk produk yang kamu miliki.
Source: Pexels
Bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan?
Kamu sudah mengetahui tentang apa manfaat yang kamu dapatkan jika pelanggan puas dengan hasil produk dan pelayanan yang kamu berikan. Lantas, bagaimana cara kita untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yang datang kepada kita? Simak baik-baik rincian berikut.
Tetap menjaga kualitas produk
Pertama-tama yang harus diketahui yaitu tetap menjaga kualitas produk yang kamu miliki.
Mengapa kita harus tetap menjaga kualitas produk yang kita punya? Karena, dengan konsisten mempertahankan kualitas produk yang kamu miliki maka, pelanggan juga akan terus membeli dan terus menggunakan produk yang kamu sajikan.
Dan jangan lupa juga, untuk tetap terus melakukan evaluasi dengan meminta feedback dari pelanggan yang telah menggunakan produk bisnis yang kamu punya.
Membuat penawaran menarik
Seiring dengan konsistensi dalam hal menjaga kualitas produk bisnis yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk memberikan penawaran yang menarik kepada pelanggan.
Berikanlah hadiah kecil seperti mengadakan giveaway dan memberikan voucher untuk produk yang kamu jual.
Ada juga cara ampuh yang harus kamu tawarkan sesekali yaitu, memberikan penawaran buy one get one. Mengapa cara ini bisa dibilang ampuh?
Cara ini sangat ampuh jika kamu memiliki pelanggan yang loyal dengan produk bisnis yang kamu miliki. Dengan cara ini, pelanggan-pelanggan tersebut akan membeli produk kamu dengan sangat banyak.
Selalu mengutamakan kejujuran
Sebuah perjalanan bisnis tidak akan bertahan lama jika, kita tidak mengutamakan kejujuran kepada pelanggan.
Apalagi ketika kamu sudah mempunyai pelanggan yang loyal kepada jenis bisnis yang kamu punya karena, apabila kamu memberikan produk yang palsu dan jelek kepada pelanggan yang loyal.
Ini akan berakibat fatal yang dimana, para pelanggan yang loyal terhadap produk bisnis yang kamu miliki tidak akan membeli lagi produk bisnis yang kamu punya.
Jadi, utamakanlah kejujuran pada strategi meningkatkan kepuasan pelanggan untuk produk bisnis yang kamu jalankan.
Selalu cepat dan tanggap terhadap keluhan pelanggan
Membuat strategi meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cepat menanggapi keluhan pelanggan sangatlah penting.
Karena dengan hal ini, pelanggan menjadi tahu bahwa produk dan pelayanan yang diberikan dari kamu akan ditanggapi kalau kamu sangat menjunjung tinggi profesionalitas kepada pelanggan.
Karena, loyalitas dan kepuasan dari pelanggan bisa dilihat dari bagaimana cepatnya kamu tanggap terhadap keluhannya.
Source: Unsplash
Kesimpulan
Sebelum kamu akan terjun menjalankan suatu bisnis, kamu tidak boleh hanya sekedar terjun saja.
Tetapi, kamu harus menetapkan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan terlebih dahulu.
Nah, dengan kamu membuat strategi terlebih dahulu maka seiring berjalannya waktu, bisnis kamu akan sangat ramai dan juga, mendapatkan pelanggan yang loyal dengan produk bisnis dan pelayanan yang kamu berikan.
Apabila kamu masih ingin mencari referensi yang lain, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa blog yang sudah kami siapkan untuk kamu yang ingin menjalani dunia bisnis.
Untuk berbisnis, tidak hanya tentang memenuhi kepuasan pelanggan akan tetapi, kamu sebagai pebisnis juga harus mencari pelanggan dengan cara mnggunakan iklan Google.
Apabila kamu mengalami kesulitan untuk menjalankan bisnis yang akan kamu jalani. Tenang saja, karena di Pixie Digital mempunyai orang – orang yang berkompeten terlebih dalam pelayan yang professional untuk digital marketing karena, kami digital marketing Agency Bali yang sudah mempunyai pengalaman tersebut dan sudah berjalan selama 8 tahun.