Table of Contents
Mengenal digital marketing merupakan hal yang penting bagi bisnis saat ini, mengingat tren pemasaran yang semakin bergeser ke arah digital.
Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan platform digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan lainnya untuk menjangkau khalayak dan mempromosikan produk atau jasa.
Dalam mengenal digital marketing, penting untuk memahami target audiens, mengoptimalkan mesin pencari, memanfaatkan media sosial, melakukan pemasaran email, hingga memasarkan konten yang berkualitas.
Dengan memahami dan menerapkan pemasaran digital, bisnis dapat memperoleh keuntungan dalam membangun merek kesadaran, membangun hubungan dengan pelanggan, serta meningkatkan penjualan.
Nah, oleh karena itu, berikut merupakan hal-hal yang harus Anda ketahui dalam mengenal digital marketing.
Sumber: Pexels
Apa itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran modern yang menggunakan media digital untuk mempromosikan produk dan jasa demi mencapai tujuan bisnis.
Dalam pemasaran digital, perusahaan dapat menggunakan berbagai platform seperti situs web, email, media sosial, mesin pencari, dan lainnya untuk menjangkau audiens mereka.
Keunggulan dari pemasaran digital adalah efektivitas dan efisiensi dalam memantau dan menganalisis hasil kampanye, serta membuat perubahan dan menyesuaikannya dengan strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan tren pasar.
Mengubah dan menggunakan pemasaran digital akan membantu perusahaan memperluas jangkauan, membangun hubungan dengan audiens, menjual merek, serta meningkatkan penjualan produk dan jasa.
Oleh karena itu, mengenal digital marketing sangatlah penting bagi bisnis saat ini.
Berikut merupakan hal-hal yang harus Anda ketahui untuk Mengenal Digital Marketing.
Jenis-Jenis Digital Marketing
Untuk mengenal dunia digital marketing terdapat beberapa jenis digital marketing, berikut adalah beberapa jenis digital marketing:
1. Pemasaran Digital “Dimiliki”
Owned Digital Marketing adalah jenis pemasaran digital di mana semua media dimiliki, dikelola, dan dikendalikan oleh diri sendiri, sebagai pemilik bisnis.
Contoh: email, blog, website.
2. Pemasaran Digital “Menghasilkan”
Earned Digital Marketing adalah jenis pemasaran digital dimana konten-konten yang dihasilkan baik dengan tujuan promosi ataupun hanya sekadar informasi yang didapat tanpa persetujuan bisnis, Anda dan biasanya tidak mengeluarkan biaya apapun.
Contoh: repost, share, mention.
3. Pemasaran Digital “Berbayar”
Pemasaran Digital Berbayar atau Pemasaran Berbayar bisa disebut juga pemasaran berbayar, yang mengacu pada semua strategi pemasaran sebuah produk atau merek yang menargetkan calon pelanggan berdasarkan minat, niat, atau interaksi sebelumnya dengan produk atau merek tersebut.
Contoh: instagram, tiktok, youtube, dll.
Pengertian SEO, SEM, Social Media Ads & Branding dalam Digital Marketing
Apa itu SEO?
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan teknik yang digunakan untuk mengoptimasi suatu website dengan tujuan memudahkan pencari untuk menemukan halaman website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan kata kunci yang ditentukan oleh pengguna.
SEO merupakan teknik upaya mengoptimasi website agar mendapat peringkat teratas di hasil pencarian Google. dengan SEO situs Anda akan mudah ditemukan orang sehingga berpotensi menyedot lebih banyak orang di internet.
SEO sangat fokus kepada kata kunci yang diinputkan oleh user , oleh karena itu dengan menerapkan teknik SEO ini akan membantu Anda dalam menemukan target user yang tepat untuk semua konten yang Anda buat.
SEO juga mempunyai beberapa manfaat untuk website, yaitu mendatangkan traffic potensial, target lebih jelas, meningkatkan penjualan, meningkatkan Brand Awareness, dan dapat melakukan promosi 24 jam
Sumber: Pexels
Pengertian SEM (Search Engine Marketing)
SEM singkatan dari “Search Engine Marketing” yang merupakan jenis pemasaran digital di mana iklan dibeli dan ditampilkan di hasil mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. SEM dapat terdiri dari beberapa elemen, termasuk iklan PPC (Pay-Per-Click), optimasi mesin pencari (SEO), dan pemasaran konten. Tujuan utama SEM adalah meningkatkan visibilitas dan lalu lintas situs web, serta menghasilkan lebih banyak prospek dan konversi. Iklan SEM muncul di bagian atas atau bawah hasil pencarian organik dan biasanya diberi label “Iklan” atau “Ad”.
Fitur SEM sudah disediakan hampir oleh semua mesin pencari, termasuk Google dan Bing. Namun, mayoritas orang lebih memilih Google karena pangsa pasarnya mencapai hampir 90%. Oleh karena itu, kemungkinan untuk mendapatkan lalu lintas yang banyak melalui iklan di Google sangat besar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SEM adalah metode untuk mempromosikan sebuah situs web yang memerlukan biaya untuk diiklankan. hampir semua mesin pencari seperti Google, menggunakan sistem yang bernama Pay Per Click (PPC). Dalam sistem ini, biaya hanya dikenakan ketika ada orang yang mengklik iklan yang dipasang.
SEM (Search Engine Marketing) juga memiliki manfaat, sebagai berikut: yaitu dapat memilih target sesuai dengan keinginan, memiliki kontrol yang menyeluruh, dan dapat mengontrol anggaran.
Sumber: Unsplash
Pengertian Social Media Advertising (Social Media Ads)
Social Media Advertising atau sering disebut juga dengan Social Media Ads adalah perkembangan dunia digital dalam periklanan di Internet. Social Media Ads sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis. Dikarenakan bisnis sekarang hampir semua promosinya dilakukan secara online melalui social media advertising.
Selain sebagai tempat bersosialisasi, media sosial juga dimanfaatkan sebagai tempat mempromosikan produk-produk bisnis.
Media sosial yang ada saat ini tidak hanya menyediakan fitur yang bersahabat untuk bersosialisasi, tetapi juga mulai menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pemilik bisnis untuk berjualan. Mereka mulai membuat fitur “Ads” yang dapat dengan mudah digunakan untuk memasarkan produk yang ingin dijual. Di beberapa media sosial yang saat ini menyediakan layanan “Ads” atau iklan ini yaitu Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, dll.
Media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis, sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan. Terdapat banyak platform media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana iklan, dan di antaranya adalah YouTube, TikTok, Instagram, dan Facebook. Kepopuleran media sosial ini berdasarkan jumlah pengguna yang aktif dan tingkat engagement yang tinggi dari pengguna.
Sumber: Unsplash
Pengertian Branding
Dalam setiap bisnis, setiap perusahaan pasti membutuhkan pemasaran untuk memasarkan suatu produk.
Selain itu, perusahaan juga membutuhkan branding agar suatu produk bisa melekat di benak konsumen.
Karena hal inilah sebagian orang yang belum paham dengan bisnis menganggap bahwa branding dan marketing mempunyai arti yang sama. Lalu, apa itu branding?
Brand merupakan identitas unik yang membedakan antar sesama, baik antar manusia maupun antar produk.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan branding adalah aktivitas pencitraan yang dilakukan agar sebuah merek atau sosok terlihat berbeda dari merek lain, sehingga menarik dan mudah diingat oleh masyarakat.
Tujuan dari branding adalah untuk membangun citra positif dan reputasi perusahaan untuk membangun kepercayaan konsumen.
Dengan terbangunnya citra positif, maka perusahaan akan mudah melakukan penjualan produk.
Dalam dunia bisnis, tujuan branding bisa diartikan sebagai praktik pemasaran sebuah perusahaan dengan menciptakan nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik suatu bisnis atau perusahaan.
Beberapa fungsi branding bagi bisnis seperti, membangun citra perusahaan, memberikan ciri khas perusahaan, sekaligus sebagai pengendali pasar.
Kesimpulan
Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai digital marketing dan apa saja yang akan Anda pelajari di dalam digital marketing.
Jika Anda masih belum paham dalam mengenal digital marketing, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Pixie Digital . Kami akan memberikan pemahaman dan sudut pandang baru terkait digital marketing.
Pixie Digital sudah berpengalaman selama 8 tahun dalam melakukan promosi online melalui media digital bersama mitra, terutama SEO dan SEM. bingung tentang cara menggunakan Jasa SEO atau Jasa SEM ?
Kami akan merasa senang jika bisa membantu, jangan ragu untuk menghubungi kami.