Table of Contents
Tahukah Anda? Belakangan ini, digital marketing sudah sangat populer dikalangan masyarakat, Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Tidak heran lagi jika banyak orang yang mulai mempelajari bidang tersebut, hingga mereka menempuh pendidikan kuliah digital marketing dengan waktu yang tidak singkat.
Program Studi Manajemen Pemasaran Digital atau yang dikenal dengan jurusan Digital Marketing merupakan program studi yang terfokus pada pemasaran produk, jasa ataupun brand menggunakan media digital.
Disini, kalian akan mempelajari cara yang lebih efektif, kreatif, cepat, dan tepat dalam menjangkau calon konsumen.
Berapa lama Anda kuliah digital marketing?
Itu bergantung pada program studi yang akan Anda ambil, apakah program Diploma atau Sarjana. Umumnya, durasi waktu yang akan ditempuh sekitar 3 tahun untuk Diploma dan 4 tahun untuk program Sarjana.
Nah, apa saja yang akan Anda pelajari jika mengambil kuliah digital marketing? Berikut ini Pixie Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut untuk Anda.
Source: Unsplash
Apa Saja Yang Dipelajari Saat Kuliah Digital Marketing?
Anda seorang yang tertarik dengan digital marketing atau berminat untuk kuliah digital marketing? Jika iya, yuk kita simak apa saja yang akan dipelajari jika Anda mengambil jurusan ini.
Membuat Design Dan Proses Perancangan Iklan
Hal pertama yang akan Anda pelajari dalam kuliah digital marketing adalah membuat desain produk, Tools yang akan digunakan dalam membuat desain seperti aplikasi Canva, Corel Draw, Capcut dan lain sebagainya.
Anda juga akan belajar menganalisis desain iklan sosial media dari brand yang sudah terkenal serta proses perancangannya.
Dalam menganalisis iklan mahasiswa diminta menentukan jenis, target, proses pembuatan, dan perkiraan biaya yang akan dihabiskan dalam pembuatan iklan.
Strategi Digital Marketing Mix
Selanjutnya, Anda akan mempelajari penggunaan strategi dan analitik digital marketing.
Strategi marketing yang akan dipelajari adalah marketing mix, yaitu strategi pemasaran yang didalamnya terdapat beberapa unsur terpadu untuk menjual dan juga memasarkan produk kepada konsumen.
Marketing mix 7P ini terdiri dari Product (produk), Place (tempat), Price (harga), Promotion (promosi), Physical Evidence (bukti fisik), People (sumber daya manusia), Process (proses). Hal ini akan dipelajari lebih spesifik dalam membuat strategi mix yang tepat untuk Anda terapkan pada pemasaran produk atau jasa.
Membuat Website dan Blog
Setelah mempelajari strategi digital marketing mix Anda akan belajar membuat website dan blog.
Pada dasarnya materi ini akan mengajarkan mahasiswa untuk membuat web campaign yang berfungsi untuk meningkatkan brand awareness, mendatangkan prospek, meningkatkan penjualan dan sebagainya.
Dengan adanya website, Anda dapat menunjukan kredibilitas dan profesionalitas dari bisnis yang Anda miliki.
Source: Pixabay
Membuat Konten Marketing
Saat kuliah digital marketing, Anda juga akan belajar membuat konten marketing.
Konten marketing merupakan sebuah strategi yang aktivitas didalamnya terdapat proses perencanaan, membuat, serta mendistribusikan konten sehingga dapat menarik audiens yang sesuai target.
Anda akan belajar menggunakan beberapa tools seperti What To Write, Freedly, Content Forest, dan BuzzZumo untuk membantu menentukan konten menarik.
Mengembangkan SEO, SEM dan Social Media Ads
Selanjutnya, Anda akan belajar mengembangkan kemampuan dibidang SEO, SEM, dan Social Media Ads.
- Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah teknik optimasi pada website agar produk/jasa yang kita tawarkan muncul pada mesin pencari saat calon konsumen mencarinya.
- Search Engine Marketing (SEM) merupakan sebuah tehnik untuk optimasi website dengan menggunakan iklan agar website muncul di mesin pencari.
- Social Media Ads merupakan pemanfaatan sosial media seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lain sebagainya untuk melakukan iklan.
Belajar Copywriting Yang Menarik
Copywriting adalah salah satu keterampilan dalam marketing yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.
Metode copywriting digunakan untuk menciptakan tulisan yang persuasif dan menarik, sehingga mampu membuat konsumen ingin membeli produk yang Anda tawarkan.
Salah satu teknik copywriting yang akan Anda pelajari adalah formula AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Hal ini akan sangat berguna untuk pengembangan konten media sosial dan website.
- Attention artinya tangkaplah perhatian audiens.
- Interest yaitu dengan membuat audiens penasaran dengan produk yang Anda miliki.
- Desire artinya buatlah audiens menginginkan manfaat dari produk yang Anda tawarkan.
- Action artinya ajaklah audiens mengambil keputusan untuk melakukan aksi terhadap produk yang Anda tawarkan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan konsumen seperti mengunjungi website, melakukan panggilan, mengunjungi toko, dan lain sebagainya.
Jika Anda mengalami kesulitan dalam proses copywriting, maka konsep AIDA akan membantu dalam menentukan elemen tulisan yang tepat.
Ilmu Bisnis untuk Memperkuat Digital Marketing
Selain itu, saat kuliah digital marketing Anda Juga akan belajar ilmu bisnis, mulai dari ilmu budgeting & financial, manajemen rantai pasokan, teknik negosiasi dan lain sebagainya.
Saat belajar ilmu bisnis ini, Anda diharapkan dapat mengetahui hal-hal penting dalam memulai sebuah bisnis.
Dengan demikian, ketika telah menyelesaikan kuliah nanti Anda bisa menciptakan inovasi baru yang dapat membuka lapangan kerja bagi banyak orang.
Source: Unsplash
Kesimpulan
Nah, jadi itu dia penjelasan singkat mengenai apa saja yang akan Anda pelajari saat mengambil kuliah digital marketing.
Bila Anda memiliki masalah dalam menyusun strategi marketing, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Pixie Digital. Kami akan memberikan strategi dan sudut pandang baru terkait digital marketing.
Pixie Digital telah berpengalaman selama 8 tahun dalam melakukan promosi online melalui media digital bersama mitra Bali, terutama Jasa SEO dan Jasa SEM Bali. Kami akan merasa senang jika bisa membantu, jangan ragu untuk kontak kami.