Manfaat Sosial Media Marketing bagi UMKM

Table of Contents

Manfaat sosial media marketing sangat menguntungkan untuk UMKM mulai dari menghemat biaya, market yang luas, dan penjualan yang naik. Keberadaan sosial media kini tidak hanya sebagai tempat untuk menunjukkan informasi personal atau bertukar informasi. Lebih dari itu, sosial media telah menjadi ajang bagi banyak orang untuk menyukseskan tujuan-tujuan UMKM.

Keterbukaan informasi dan ruang lingkup yang tak terbatas membuat banyak orang memilih sosial media. Akan sangat disayangkan jika Anda memiliki UMKM tapi tidak ikut ambil bagian dalam promosi atau menampilkan produk di sosial media.

Karena faktanya, sosial media memiliki manfaat yang diinginkan oleh banyak pelaku UMKM. Namun, sebelum itu, tidak ada salahnya jika kita memahami apa itu sosial media.

Apa Itu Sosial Media Marketing?

Menurut Santoso (2017), sosial media marketing adalah bentuk pemasaran yang dipakai untuk menciptakan kesadaran, pengakuan, ingatan dan bahkan tindakan terhadap suatu merek, produk, bisnis, individu, atau kelompok baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan alat dari web sosial seperti blogging, microblogging, dan jejaring sosial.

Secara sederhana, SMM adalah teknik pemasaran yang menggunakan sosial media. SMM sendiri akan berkaitan dengan publikasi konten yang berkualitas, interaksi dengan para pengikut, pemanfaatan fitur iklan, hingga analisis bentuk pemasaran. Beberapa platform SMM yang paling sering dipakai seperti, Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan Youtube.

Apa itu social marketing

Source: Unsplash

Pertanyaannya, Apa Manfaat Sosial Media Marketing?

1. Menghemat Biaya

Manfaat sosial media marketing yang paling mengesankan adalah penghematan biaya. Berbagai pilihan aplikasi sosial media bisa dengan mudah kamu unduh secara cuma-cuma, termasuk pembuatan akun. Sekalipun jika kamu ingin memakai fitur promosi berbayar, kamu bisa tetap memilih biaya yang relatif rendah.

Tipsnya, kamu bisa menggunakan promosi berbayar dengan biaya yang rendah terlebih dahulu, kemudian melihat performa promosi tersebut. Jika performa menunjukkan arah yang positif, kamu bisa sedikit menambah budget promosi untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

2. Jangkauan Pasar yang Luas

Manfaat sosial media marketing selanjutnya adalah jangkauan pasar yang sangat luas. Seperti yang kita ketahui, setiap orang dapat mengakses sosial media dimanapun mereka berada, tidak terbatas ruang dan waktu.

Karena jangkauan pasar yang luas inilah siapapun dapat menemukan profil UMKM kamu di sosial media. Jika ingin mendapat jangkauan yang lebih luas lagi, kamu dapat menggunakan fitur iklan untuk memudahkannya.

3. Membangun Kesadaran akan Merek

Manfaat sosial media marketing lain bagi UMKM adalah membangun kesadaran akan merek. Dengan rangkaian strategi yang tepat, UMKM kamu bisa mendapatkan awareness yang tinggi.

Kesadaran akan merek ini tidak serta merta datang begitu saja, harus diiringi dengan pembuatan konten yang berkualitas dan layak. Ini karena setiap konten yang kamu bagikan akan menyapa audiens baru dan dapat mengarahkan mereka menjadi pelanggan potensial.

4. Menentukan Segmen Pasar akan Jauh Lebih Mudah

Manfaat sosial media marketing berikutnya adalah kemudahan dalam menentukan segmen pasar. Hal ini karena sejatinya sosial media telah digunakan oleh pengguna dari latar belakang tertentu.

Contohnya, Linkedin dipakai oleh para profesional dan bisnis. Kamu bisa memaksimalkannya untuk mencari partner atau vendor. TikTok, seperti yang kita tahu platform sosial media ini berkaitan dengan pasar anak muda, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari konsumen.

5. Meningkatkan Penjualan

Manfaat sosial media marketing yang tak kalah penting adalah meningkatkan penjualan produk. Tujuan marketing adalah mendapatkan penjualan sebanyak-banyaknya. Jika kamu lakukan dengan benar, sosial media memiliki kemampuan untuk itu.

Manfaatkan setiap fitur yang ada di sosial media. Misalnya, membuka kolom diskusi atau melakukan live untuk menanggapi segala pertanyaan audiens, ini bisa meyakinkan mereka untuk membeli produk kamu. Jika mereka puas, besar kemungkinan untuk membeli ulang bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

Berbisnis di social media

Source: Unsplash

Mengapa Sosial Media Marketing Penting bagi UMKM?

Dengan berbagai manfaat sosial media marketing ini, akan menjadi tempat yang pas untuk UMKM melakukan promosi. Semua yang diinginkan oleh UMKM terkait dengan pemasaran ada pada sosial media, mulai dari biaya yang rendah, pasar yang luas, penentuan segmen pasar, hingga brand awareness.

Jika dilakukan dengan strategi yang tepat, keberadaan sosial media marketing ini akan sangat menguntungkan UMKM. Ini akan menjadi sangat efektif untuk lebih banyak mendapat konversi penjualan produk-produk UMKM. 

Logo social media linkedln

Source: Unsplash

Kesimpulan

Nah, itulah tadi manfaat sosial media marketing bagi UMKM. Dengan strategi yang tepat, tujuan-tujuan pemasaran mungkin akan dapat dicapai dengan sosial media. Tak lupa juga kami memberitahu bahwa, Pixie Digital adalah digital marketing bali juga menyediakan jasa iklan sosial media bali dan juga konsultasi digital marketing yang dimana kamu akan mengetahui lebih detail lagi mengenai strategi apa yang cocok untuk sosial media kamu. Yuk hubungi Pixie Digital sekarang!