Inilah Rahasia Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Tepat

Mengambil gambar untuk strategi pemasaran produk makanan

Table of Contents

Membuat bisnis kuliner merupakan suatu bisnis yang memang tidak ada habisnya. Mengapa demikian? Karena makanan itu sendiri merupakan suatu kebutuhan pokok yang paling dicari semua orang setiap harinya. Berbagai macam strategi produk pemasaran yang dilakukan oleh semua pelaku bisnis kuliner untuk bisa meraup konsumen.

Akan tetapi, untuk menentukan strategi produk makanan tidaklah gampang. Apakah kamu sudah menentukan strategi apa yang ingin kamu jalankan untuk bisnis kulinermu? Apabila kebingungan tentang strategi yang harus kamu lakukan, tenang saja. Disini kamu akan dijelaskan secara detail tentang menentukan strategi pemasaran produk makanan yang ideal untuk bisnis kamu.

Menentukan Kemasan yang Menarik

Hal pertama harus kamu tentukan dalam strategi pemasaran produk makanan kamu yaitu menentukan kemasan. Ini sangatlah penting terlebih jika kamu ingin melakukan bisnis ini untuk jangka panjang. Karena, bisa saja orang akan membeli bisnis untuk pertama kali dan apabila kemasan kamu tidak menarik, bisa saja konsumen yang sudah membeli bisnis kamu pertama kali akan tidak membeli lagi.

Jadi untuk itulah, meskipun makanan yang kamu buat sangat enak akan tetapi kemasan yang kamu buat tidak menarik, ini bisa fatal karena kemasan merupakan sebuah ukuran yang akan dilihat oleh konsumen kamu tentang tingkatan profesionalitas kamu. Jadi, Menentukan kemasan yang menarik sebagai strategi pemasaran produk makanan sangatlah penting.

Membuat kemasan menarik untuk strategi pemasaran produk makanan

Source: Pexels

Membuat Foto Produk yang Eye-Catching

Sesudah kamu membuat kemasan yang menarik. Selanjutnya buatlah foto produk yang menarik sebagai strategi pemasaran produk makanan yang kamu miliki. Ini juga sangat penting kamu perhatikan karena dengan kamu membuat foto-foto produk yang memanjakan mata, konsumen pun akan melihat bahwa bisnis kamu sangat menarik untuk dibeli.

Membuat foto-foto produk yang menarik ini sangat penting terkhusus apabila kamu melakukan bisnis secara online. Strategi pemasaran produk makanan dengan membuat foto yang menarik ini akan meningkatkan penjualan bisnis kuliner yang kamu jalani.

Mengambil gambar yang eye-catching

Source: Pexels

Buat Website untuk Bisnis Kuliner Kamu

Website merupakan acuan setiap orang untuk mendapatkan info-info secara detail mengenai bisnis yang kamu jalankan. Apalagi dalam melakukan strategi pemasaran produk makanan yang kamu jalankan, website ini akan berguna terlebih ketika kamu ingin mematok target kepada kaum Gen-Z. Mengapa Gen-Z? Karena kebanyakan dari mereka selalu melakukan pencarian informasi-informasi melalui internet terkhusus berkunjung ke website.

Website ini juga berguna sebagai branding bisnis yang kamu buat. Karena dengan adanya website ini, calon pelanggan akan lebih mudah untuk melihat info-info dari bisnis yang kamu jalankan. Nah, kamu pasti berpikir bagaimana cara kita membuat website? Jangan khawatir, zaman sekarang sudah banyak website builder yang bisa memudahkan kamu dalam membuat website. Berikut list-listnya:

  • GoStore
  • Stereology
  • Shopify
  • Wix
  • Squarespace
  • WordPress

Dan tentu. Kami juga menyediakan jasa pembuatan website untuk kamu sebagai pelaku bisnis yang ingin melakukan strategi pemasaran produk makanan.

Membuat website sebagai strategi pemasaran produk makanan

Source: Unsplash

Membuat Social Media yang Menarik

Membuat social media yang menarik sebagai strategi pemasaran produk makanan adalah salah satu langkah yang paling efektif terlebih jika kamu tidak mempunyai tempat berjualan. Dan, ini juga sebagai pengganti apabila kamu sedang tidak mempunyai website. Karena, social media sangat mudah untuk dibuat hanya dengan membuat akun, kamu sudah mempunyai akun social media kamu sendiri. 

Social media ini juga akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan customer yang telebih customer itu adalah anak muda. Terlebih jika kamu menggunakan social media seperti Instagram dan juga Facebook. Mengapa demikian? Karena menurut Datareportal, baik Facebook Maupun Instagram mempunyai statistik pengguna yang sangat banyak, 36.8% atau 2.934 miliyar penduduk dunia adalah pengguna Facebook sedangkan Instagram 18.1% atau 1.440 miliyar penduduk dunia.

Selain itu pada tahun 2022 dari laporan Datareportal juga pengguna Facebook laki-laki sekitar 57% dan perempuan yaitu 43%. Begitu juga dengan instagram yang mempunyai pengguna laki-laki sekitar 52% dan perempuan 47% mencari informasi-informasi terkhusus info tentang kulineran. Jadi, jangan lupa untuk membuat social media dan juga membuat konten-konten yang menarik agar para pengunjung lebih banyak yang datang.

Membuat social media menggunakan handphone

Source: Pexels

Mengikuti Event Kuliner

Dalam membuat strategi pemasaran produk makanan, ada strategi online dan offline. Tentu kamu jangan lupa untuk melakukan strategi offline yaitu mengikuti event-event kuliner. Kenapa kita juga harus ikut event kuliner? Karena pada event inilah, kamu akan mendapatkan beberapa testimonial secara gratis karena mereka pasti akan menyebarkan produk yang kamu buat ini melalui social media contoh seperti status story dan post-post lainnya.

Mengikuti event kuliner sebagai strategi pemasaran produk makanan kamu akan sangat berguna untuk bisnis kamu dalam meningkatkan penjualan lebih tinggi lagi dan kamu juga bisa mendapatkan feedback dari pengguna. Jadi, manfaatkan lah event kuliner yang kamu hadiri sebaik mungkin.

Mengikuti event kuliner

Source: Pexels

Melakukan Kerjasama dengan Jasa Pesan Antar

Jangan kamu lewatkan strategi pemasaran produk makanan cara ini. Pada zaman sekarang, semua orang pun sudah menggunakan jasa pesan antar apalagi kalau yang kamu tempati jaraknya jauh dengan lokasi pengguna. Lakukanlah kerjasama pesan antar ini seperti grab dan juga gojek. Mengapa kedua jasa pesan antar itu sangat kami rekomendasikan? Karena kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi yang sangat sering dipakai pengguna dalam melakukan pesan makanan.

Lantas, bagaimana cara kita untuk mendaftar jasa bisnis kita pada kedua aplikasi tersebut? Jangan khawatir. Disini, kamu akan mengetahui cara melakukan pendaftaran grab dan juga gojek.

Pelaku bisnis sedang memasukkan produk makanan

Source: Pexels

Melakukan Endorse kepada Influencer

Nah, strategi pemasaran produk makanan yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu melakukan endorse. Endorse kepada influencer ini sangat berguna untuk bisnis kamu apabila kamu ingin melakukan penyebaran bisnis yang kemu miliki ke ranah yang lebih besar lagi. 

Akan tetapi, kamu juga harus bertanya terlebih dahulu kepada influencer yang ingin kamu jalani kerjasama soal bagaimana insight dari social media influencer tsb apakah besar atau kecil. Jadi, melakukan endorse kepada influencer sebagai strategi pemasaran produk makanan yang kamu miliki haruslah selektif agar apa yang ada pada ekspektasi mu untuk bisnis yang kamu jalani bisa terwujud.

Membayar influencer sebagai strategi pemasaran produk makanan

Source: Pexels

Melakukan Iklan di Social Media

Membuat iklan di social media untuk strategi pemasaran produk makanan yang kamu jalani ini akan sangat berguna. Mengapa kita harus melakukan iklan di social media? karena, strategi ini akan membuat jenis bisnis yang kamu jalankan dapat memperluas lagi jangkauan pengguna yang ingin kamu dapatkan.

Apakah ada media yang bagus bagi kita untuk melakukan iklan di social media? Tentu saja ada, seperti misalnya facebook ads dan juga instagram ads. Kedua jenis ini sangat banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk mengjangkau lebih banyak pengguna lagi yang mau kamu dapatkan apalagi untuk strategi pemasaran produk makanan yang kamu jalani. 

Lantas bagaimana cara kita membuat iklan tersebut dan juga apakah biayanya akan merogoh dompet kita? Tenang saja, pihak facebook dan Instagram pun sudah membuat bagaiman cara kita untuk membuat iklannya. Oh ya, mengenai harga kamu tidak perlu khawatir. Melakukan iklan secara online tidak akan merogoh dompet kalian dari pada kamu melakukan periklanan secara konvensional kok.

Mengambil gambar untuk melakukan iklan social media

Source: Pexels

Kesimpulan

Nah, itulah semua strategi pemasaran produk makanan yang sudah dijabarkan secara detail. Mulai dari menentukan kemasan yang menarik sampai kamu harus merekrut reseller yang dimana semua itu akan berguna untuk menaikkan penjualan kamu setinggi mungkin. Dan juga, kami juga mempunyai artikel-artikel blog lainnya yang akan berguna bagi kamu untuk mengetahui seluk beluk mengenai dunia digital.

Tak lupa juga kami memberitahu bahwa, Pixie Digital juga menyediakan jasa pembuatan website dan juga konsultasi digital marketing yang dimana kamu akan mengetahui lebih detail lagi mengenai strategi pemasaran produk makanan yang akan kamu jalankan.