Table of Contents
Untuk melengkapi perencanaan yang matang, memiliki data mengenai kedaan pasar, memahami kesulitan yang kemungkinan dialami calon konsumen, kemudian mencari solusi yang mereka butuhkan adalah menjadi target penting yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis tersebut. Simak disini untuk mengetahui bagaimana cara kita untuk berbisnis yang baik.
Memahami Cara Berbisnis yang Baik
Memulai bisnis mungkin terkesan tidak mudah untuk beberapa orang. Namun, dengan memahami cara berbisnis yang baik adalah salah satu bekal yang tepat untuk mulai membangunnya. Pertama, Anda bisa memilih ide yang sesuai dengan minat dan dirasa mampu menjalani sambil mempersiapkan riset dan juga perencanaan.
Memilih Ide Bisnis dan Menetapkan Pondasi yang Kuat
Pemilihan ide bisnis dapat didasari oleh minat atau passion. Dengan berlandaskan minat, dapat memotivasi Anda untuk selalu memiliki keinginan untuk berhasil. Selain itu, Anda tentunya memiliki pengetahuan yang banyak terhadap bidang tersebut.
Menetapkan pondasi yang kuat adalah salah satu cara berbisnis yang baik untuk mencapai keberhasilan. Berikut adalah cara untuk memilih ide bisnis dengan pondasi yang kuat
1. Padukan Minat dengan Kebutuhan Pasar
Setelah mengidentifikasi minat, selanjutnya mencari tahu dan mengevaluasi apakah minat tersebut dapat sejalan dengan kebutuhan pasar. Berusahalah mendapatkan peluang di pasar yang relevant dengan minat Anda. Misalnya jika minat Anda adalah hewan peliharaan, Anda dapat mempertimbangkan bisnis pet care dengan berbagai service seperti grooming, penitipan, training dan lain sebagainya.
2. Evaluasi Keterampilan dan Kompetensi
Lakukan penilaian terhadap keterampilan dan pengetahuan yang Anda miliki dengan cara minta masukan dari teman dekat atau mentor yang berpengalaman dalam bidang bisnis atau minat yang Anda pilih. Diskusikan ide tersebut dengan mereka untuk mendapatkan sudut pandang tambahan dan masukan yang berharga.
3. Menjalankan Riset
Untuk melengkapi perencanaan yang matang, memiliki data mengenai kedaan pasar, memahami kesulitan yang kemungkinan dialami calon konsumen, kemudian mencari solusi yang mereka butuhkan adalah menjadi target penting yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis tersebut.
Mencari tahu siapa yang akan menjadi target pasar Anda, seperti apa karakteristik mereka dan kompetitor – kompetitor adalah data yang penting menjadi tolak ukur penyusunan rencana bisnis.
Source: Pexels
Business Plan yang Matang
Setelah memahami cara berbisnis yang baik tahap pertama yaitu pondasi yang kuat, selanjutnya menyusun perencanaan bisnis dengan matang. Business plan merangkum tujuan hingga operasional suatu perusahaan. Tujuan business plan adalah untuk memberikan panduan dan arah yang jelas bagi pemilik bisnis, tim manajemen, investor, dan pemangku kepentingan lainnya tentang visi dan cara bisnis tersebut akan mencapai tujuannya.
Business plan memiliki rencana dan panduan operasional, mengkomunikasikan visi dan tujuan, mengidentifikasi peluang dan tantangan, menarik pembiayaan dan investasi, manajemen keuangan, serta mengelola pertumbuhan dan perubahan.
Perencanaan Pemasaran
Pemasaran bisa dikatakan faktor penting dalam setiap bisnis. Proses yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan aktivitas untuk menciptakan, mengkomunikasikan nilai terhadap calon konsumen dengan tujuan memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka. Kegiatan ini dapat mencakup memasarkan produk, layanan atau gagasan kepada target pasar dengan harapan mencapai penjualan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Pemasaran saat ini sudah mulai berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi. Adanya pemasaran secara online dengan digital marketing dapat membantu perusahaan mendapatkan calon konsumen lebih luas. Pemasaran digital dapat berupa SEO, SEM Social Media Marketing.
- Social Media Marketing
Penggunaan platform sosial media seperti facebook, instagram, linkedin, twiter dan lainnya untuk membangun kesadaran merek, brand image, mempromosikan produk dan layanan hingga berinteraksi dengan konsumen.
- SEO (Search Engine Optimization)
Strategi yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencarian seperti google. Ini melibatkan optimasi kata kunci, struktur web, kecepatan load per page yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna agar situs mudah ditemukan.
- PPC (Pay Per Click) Advertising
PPC adalah model iklan dimana pengiklan membayar dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung. Google Ads adalah salah satu platform PPC terkenal. Pengiklan akan menentukan kata kunci yang relevan, menulis iklan dan menentukan anggaran harian. Iklan akan muncul pada hasil pencarian yang relevan.
- Email Marketing
Pengiriman pesan – pesan pemasaran kepada konsumen dan calon konsumen melalui berisikan promosi produk, pengumuman acara, pengingat pembayaran dan lainnya. Bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen dan mendorong tindakan tertentu.
- Content Marketing
Saluran ini berfokus pada pembuatan, distribusi konten yang bermanfaat dan relevan untuk menarik dan mempertahankan audiens. Konten ini dapat berupa artikel blog, e-book, video, dan masih banyak lagi. Bertujuan untuk memberikan informasi, nilai tambah dan membangun kepercayaan.
- Affiliate Marketing
Melibatkan kerjasama dengan pihak lain untuk mempromosikan produk dan layanan Anda. Afiliasi mendapatkan komisi dari penjualan atau tindakan yang dihasilkan dari promosi mereka.
- Influencer Marketing
Kegiatan kerjasama dengan akun sosial media baik individu maupun kelompok yang memiliki pengikut besar dan berpengaruh untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audiens mereka. Ini memanfaatkan kepercayaan yang dibangun oleh influencer tersebut kepada pengikutnya.
Source: iStockphoto
Kesimpulan
Melalui pemahaman yang mendalam tentang cara berbisnis yang baik dan implementasi strategi pemasaran yang efektif, bisnis dapat membangun fondasi yang kokoh dan mengarah pada kesuksesan jangka panjang.
Apakah anda ingin meraih keberhasilan bisnis dengan digital marketing? Pixie Digital dapat membantu anda dalam Paid Ads Service dan SEO Service untuk mengakuisisi calon konsumen baru hingga memperbesar peluang penjualan. Kami dapat dihubungi kapanpun!