Table of Contents
Apakah kamu tahu seberapa besar manfaat blog jika kamu menerapkannya pada bisnis kamu? Dengan menerapkan blog pada website bisnis kamu, kamu dapat meningkatkan traffic website secara konsisten, menarik pelanggan baru, dan membangun loyalitas dengan pelanggan saat ini. Memanfaatkan blog merupakan salah satu strategi content marketing yang penting dilakukan ketika kamu ingin bersaing di era digital ini.
Meningkatkan SEO situs web
Salah satu manfaat blog untuk bisnismu adalah membantu meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) situs web kamu. SEO adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi website, dengan tujuan memudahkan mesin pencari menemukan website kamu dan menempatkannya di halaman pertama mesin pencari berdasarkan keyword tertentu yang relevan dengan pencarian pengguna Google.
Manfaat blog secara konsisten dan berkualitas akan secara perlahan meningkatkan kualitas lalu lintas (traffic) situs web bisnismu. Dengan meningkatnya traffic, maka lebih banyak pula prospek (lead) yang dapat kamu dapatkan. Artinya, semakin banyak pengunjung di situs kamu, semakin besar pula potensi pelanggan yang akan melakukan pemesanan atau reservasi produk/jasa. Banyak perusahaan B2B maupun B2C merasakan manfaat blog secara signifikan ketika mereka secara rutin memperbarui konten blog dibandingkan dengan perusahaan yang jarang melakukannya.
Selain itu, menggunakan blog sebagai strategi marketing membuat bisnismu lebih mudah terindeks di mesin pencarian Google. Dengan kata lain, konsumen akan lebih mudah menemukan bisnismu dibandingkan bisnis yang tidak memiliki blog.
Source: freepik
Membangun kepercayaan dengan audiens
Membangun kepercayaan audiens adalah salah satu dari manfaat blog yang akan kamu dapatkan ketika menerapkannya di website bisnismu. Dengan membuat blog, kamu akan dapat meningkatkan brand awareness di mata audiens. Dalam meningkatkan brand awareness bisnismu, kamu hanya perlu membuat blog dan konsisten memperbarui kontennya. Lalu ketika, Google mendeteksi bahwa konten blogmu kreatif dan berkualitas, trafik website kamu akan terus meningkat meningkat, dan manfaat blog kamu akan muncul di halaman utama, dan brand awareness akan terbangun. Kepercayaan audiens pun akan meningkat, sehingga mereka jadi lebih mengenal bisnismu. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada peningkatan penjualan.
Dalam membangun kepercayaan, artinya secara tidak langsung kamu juga membangun kedekatan dengan konsumen. Memanfaatkan sisi emosional ini dapat memberikan keuntungan bagi bisnis kamu. Hubungan yang dekat antara bisnis dan konsumen akan terjalin dengan baik. Untuk menciptakan hubungan ini, blog tidak tidak boleh hanya berfokus pada fitur, kelebihan produk, atau solusi yang ditawarkan kepada audiens. Kamu bisa menunjukan menunjukkan sisi lain dari bisnismu, seperti membuat blog dengan membangun hubungan yang ramah dan santai menunjukkan sisi seperti teman bagi audience. Jika kamu masih ragu cara menentukan personal seperti apa yang cocok untuk audiens, cobalah bereksperimen dengan membuat beberapa blog menggunakan pendekatan personal yang berbeda-beda.
Selain itu, kamu juga bisa mencoba pendekatan lain, seperti melakukan survei, kuis, Q&A, atau konten interaktif lainnya yang melibatkan audiens. Dengan cara ini, kamu tidak hanya membangun hubungan, tetapi juga menciptakan kedekatan yang lebih kuat dengan mereka.
Baca Juga: Belajar SEO Blog: Teknik Yang harus Dipahami oleh Pemula
Menunjukkan bahwa bisnis kompeten di industrinya
Kebanyakan orang akan mencari sesuatu tentang permasalahan mereka di Google. Jika blog kamu tampil di halaman utama Google, maka produk kamu akan semakin dipercaya sebagai solusi dari permasalahan audiens. Produk Kamu juga akan terlihat lebih unggul dibandingkan kompetitor yang tidak tampil di halaman Google.
Blog yang dipercaya dan bermanfaat tidak hanya berisi tentang pembaruan produk terbaru, tetapi juga harus memuat informasi yang berkaitan dengan produk yang kamu jual di website. Semakin detail blog dan semakin mudah dipahami, maka semakin besar kemungkinan blog kamu akan dijadikan acuan oleh audiens sebagai solusi permasalahan mereka.
Dengan terus meng-update blog, audiens yang sudah ada maupun audiens potensial akan benar-benar yakin bahwa kamu memahami produk yang kamu tawarkan. Selain itu, audiens akan menilai bahwa kamu memiliki passion di bidang tersebut sehingga dianggap mampu memberikan informasi dan layanan terbaik. Itulah suatu manfaat blog untuk bisnis kamu.
Source: freepik
Sebagai Media Promosi
Manfaat blog lainnya adalah sebagai alat promosi. Sebagian pebisnis menjadikan blog sebagai media untuk mempromosikan produk, jasa, atau layanan mereka secara soft-selling. Soft-selling adalah gaya memasarkan suatu produk secara halus dan persuasif untuk menarik pelanggan agar membeli produk tersebut. Dengan menulis artikel yang bersifat persuasif dan mengadopsi gaya ‘menjual secara halus,’ pembaca dapat terpengaruh untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Melalui blog yang dibuat dengan pendekatan soft-selling, kamu bisa membangun koneksi dan hubungan emosional dengan konsumen. Bahkan, terkadang audiens tidak menyadari bahwa konten yang mereka nikmati sebenarnya adalah bentuk promosi.
Walaupun blog sering menggunakan teknik soft-selling, bukan berarti hard-selling atau promosi produk secara langsung tidak bisa dilakukan melalui blog. Kamu bisa menjalankan iklan secara langsung, misalnya dengan menggunakan Google Ads dan mengarahkan iklan tersebut ke blog yang membahas produk atau jasa/layananmu.
Selain itu, kamu juga bisa menambah pemasukan melalui iklan di blog. Saat blogmu sudah mendapatkan traffic yang tinggi dan semakin berkembang, kamu bisa menjadikannya sebagai media promosi untuk iklan. Kamu bisa menawarkan pemilik bisnis lain untuk memasang iklan promosi di blogmu, sehingga blogmu tidak hanya menjadi alat promosi bisnis, tetapi juga sumber pendapatan tambahan.
Source: freepik
Menarik Banyak Konsumen untuk bisnis kamu
Mendatangkan customer baru bukanlah hal yang mustahil ketika kamu rutin mengupdate blog kamu. Konten yang menarik, detail, kreatif, dan tepat sasaran tentunya akan menarik minat para konsumen. Buatlah blog dengan memposisikan diri sebagai calon pelanggan yang sedang melakukan riset online sebelum membeli produk atau layanan.
Untuk mendapatkan manfaat dari blog, tentunya dibutuhkan strategi yang tepat. Membuat strategi blog memang bisa memakan waktu cukup lama dan memerlukan pengalaman yang memadai. Namun, jika kamu bersedia menginvestasikan waktu dan usaha, hasilnya akan sangat bermanfaat.
Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola blog, kamu bisa menggunakan jasa SEO. Mereka akan membantu menyusun strategi blog yang tepat bagi bisnis kamu dan meningkatkan trafik website. Kamu bisa memulai langkah awal dengan menggunakan jasa Pixie Digital Agency, loh! Ayo, coba sekarang dan tingkatkan trafik bisnismu di Google!