Instagram Reels : Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Tips

Table of Contents

instagram reels

Source: Freepik

Perubahan yang terjadi pada aplikasi Instagram memang sengaja dilakukan dengan bertujuan supaya pengguna lebih betah menggunakan aplikasi tersebut. Salah satunya dengan cara menambahkan fitur Instagram Reels. Jika sebelumnya pengguna dapat mengupload foto dan video melalui story ataupun postingan, kali ini pengguna bisa menggunakannya untuk meningkatkan kreativitas dalam berinteraksi dimedia sosial.

Instagram Reels merupakan salah satu fitur terbaru yang diluncurkan oleh pihak media pada tanggal 5 Agustus 2020 dan baru tersedia di 50 negara bagi pengguna IOS dan Android. Sementara di Indonesia, baru tersedia pada bulan Juni 2021.

Lalu, kemudian apa yang dimaksud dengan Instagram Reels? apa manfaat yang diperoleh? apa saja fitur yang tersedia? dan bagaimana cara menggunakannya? jawaban dari pertanyaan berikut akan dibahas pada artikel dibawah ini.

Apa Itu Instagram Reels

Berdasarkan dari pernyataan situs resmi aplikasi buatan Meta, dengan fitur Instagram Reels dapat membuat video singkat selama 15 detik dengan berbagai pilihan tipe audio, tipe efek dan juga berbagai tools kreatif yang bisa digunakan. Tidak hanya itu saja, pengguna mampu menggabungkan bahkan merekam beberapa klip dalam menjadi satu kesatuan video yang utuh. Seperti aplikasi Tiktok yang menggunakan istilah For You Page atau disebut dengan FYP, demikian juga aplikasi ini mampu mengubah halaman explore menjadi konten untuk menjelajah Reels.

Manfaat Yang Diperoleh Dari Instagram Reels

Adanya Instagram ReelsĀ  memungkinkanĀ  pengguna aplikasi untuk memunculkan ide kreatif. Selain itu, dengan fitur tersebut akan menciptakan kreator yang baru dengan berbagai macam konten yang menghibur beserta kreativitas yang tinggi. Reels juga digunakan untuk menampilkan cuplikan dari aktivitas pengguna.

Fitur

Instagram Reels memiliki berbagai macam fitur pendukung yang dapat dimanfaatkan. Fitur-fitur tersebut yang ditawarkan terdiri dari berbagai macam. Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan berikut ini :

1. Audio

Dengan fitur audio akan membantu pengguna Instagram Reels dalam mencari lagu yang akan dipakai untuk pembuatan konten. Saat membagikan video yang ada di Reels ketika menyematkan suara asli, maka akan tertulis nama pengguna sebagai pembuatnya. Apabila pengguna menggunakan audio milik orang lain ataupun penyanyi aslinya, maka nama yang tertulis adalah milik orang tersebut.

2. AR (Augmented Reality)

Fitur berikutnya yang disediakan yaitu AR atau disebut dengan Augmented Reality. Dengan menggunakan fitur ini, akan membantu pengguna dalam memilih efek gambar yang disediakan dari galeri Instagram Reels. Selain itu, kreator dapat membuat efek sendiri untuk kebutuhan pembuatan video di Reels sehingga dapat meningkatkan kreativitas seseorang.

3. Timer

Fitur selanjutnya yang disediakan adalah Timer atau menggunakan istilah lain yaitu perekam flip secara handsfree. Pengguna Instagram Reels dapat menggunakannya setelah menekan tombol rekam ataupun record, maka akan disuguhkan dengan adanya hitung mundur. Hal ini sangat bermanfaat ketika kreator meminta tolong kepada orang lain untuk merekam video yang ada bahkan dapat terbantu dengan alat baik tripod, gimbal dan alat bantu lainnya.

4.Pengaturan Kecepatan

Fitur yang ada pada Instagram Reels ini dapat membantu pengguna dalam mempercepat dan memperlambat bagian video ataupun audio yang akan dipilih. Dengan begitu akan membantu pengguna untuk tetap bisa mengikuti irama ataupun membuat video dalam gerakan versi lambat. Kalau di Tiktok digunakan untuk memudahkan supaya bisa mengikuti tren tarian yang cepat, demikian juga tyang terdapat pada Reels.

5. Reels Collabs Tags

Pada tahun 2022, pihak Instagram menerbitkan fitur baru pada Instagram Reels yang disebut dengan istilah Reels Collabs Tags. Dengan menggunakan fitur ini, dapat membantu pengguna untuk memposting reels dan postingan bersamaan dengan kreator yang lain sehingga disebut dengan collaboration. Penggunaannya juga dapat membuat kreator meningkatkan engagement bahkan views dalam postingan dan reels yang dibuat.

6. Reels Visual Replies

Pada pertengahan tahun 2021, Instagram merilis fitur pendukung yang ada pada Instagram Reels bernama Reels Visual Replies. Dengan fitur ini dapat membantu pengguna ataupun kreator dalam membalas komentar yang diberikan followers pada Reels dengan menggunakan video balasan. Penggunaannya dianggap paling jitu karena kreator dapat berinteraksi secara langsung serta terlibat dengan followers.

Lakukan Ini Ketika Menggunakan Reels

Meskipun merupakan fitur lama, Instagram Reels tetap menjadi yang populer digunakan oleh para kreator. Jika sebelumnya sudah dijelaskan pada artikel diatas apa saja fitur yang tersedia, lantas bagimana cara menggunakannya? Berikut ini beberapa tips jitu yang bisa dipakai untuk membuat konten Reels dengan jumlah like dan pengunjung terbanyak.

1.Menampilkan Hal Yang Menarik Di Awal Video

Untuk bisa menarik perhatian followers ataupun kreator, beberapa detik di awal video harus menjadi hal yang wajib diperhatikan. Dimana beberapa detik Instagram Reels akan diputar secara otomatis tanpa perlu masuk kedalam profil pengguna. Maka yang perlu dilakukan adalah menciptakan konten yang kreatif dan menarik di detik awal baik dengan ucapan maupun dengan teks yang dapat menarik perhatian. Misalkan seperti panduan membuat kue Terang Bulan yang bukan hanya disisipkan suara saja tetapi juga kata-kata yang menarik di awal video sehingga akan membuat views dan like konten meningkat tajam.

2.Pilihlah Latar Musik Yang Trending

Seperti aplikasi Tiktok, musik ataupun sound yang ditampilkan dapat membuat konten video menjadi viral. Instagram Reels bisa berlaku demikian. Menurut Plann, apabila ada banyak musik tertentu yang ditampilkan pada interaksi pengguna maka algoritma Instagram akan mencatatnya dan ditambahkan kedalam feed yang berisi video serupa. Apabila melakukan hal demikian, maka video yang diposting akan mendapatkan jumlah pengikut baru dan jumlah like yang banyak.

3.Mengubah Angle Atau Transisi Sekreatif Mungkin

Video yang menggunakan angle dengan durasi video yang panjang umumnya akan membuat penonton ataupun audience bosan untuk melihat. Maka diperlukan untuk memotong video di tiap beberapa detik sekali dengan cara mengubah angle yang ada dikamera dan menggunakan transisi ketika melakukan edit di Instagram Reels. Untuk menarik pengunjung lebih banyak disarankan untuk membuat video dengan transisi sekreatif mungkin.

4.Membuat Thumbnail Yang Dapat Mencuri Perhatian

Thumbnail dapat berupa gambar diam ataupun video menarik sehingga followers akan mengetahui gambaran reels yang diposting oleh kreator. Jika memang perlu menggunakan Clickbait Thumbnail, pastikan tidak jauh berbeda dengan tema dan isi konten yang dibuat pada Instagram Reels.

Kesimpulan

Instagram Reels merupakan salah satu fitur terbaru yang diluncurkan pada tanggal 5 Agustus 2020 dan baru tersedia di 50 negara bagi pengguna IOS dan Android. Untuk meningkatkan jumlah likes dan pengunjung dalam membuat konten dapat dilakukan dengan cara menampilkan hal yang menarik di awal video, memilih latar musik yang trending, mengubah angle atau transisi sekreatif mungkin, dan membuat thumbnail untuk mencuri perhatian. Apabila membutuhkan jasa untuk Digital Marketing, ads social media dan SEO, mari hubungi Pixie Digital.