LinkedIn itu apa? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Table of Contents

Kendati bukan sebuah platform media sosial baru, masih banyak yang belum tahu LinkedIn itu apa. Padahal media sosial ini memiliki kegunaan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan karir dan bisnis.

Karena itu, artikel ini hadir untuk membantumu memahami LinkedIn itu apa secara mendalam, termasuk fitur dan fungsi utamanya, serta strategi efektif dalam menggunakan platform ini untuk keperluan profesional. Mari kita telusuri bersama!

LinkedIn Itu Apa?

LinkedIn adalah platform media sosial yang mirip seperti Facebook, X (Twitter), dan lainnya namun terdapat hal berbeda dengan LinkedIn. Platform sosial media ini ditujukan secara khusus untuk jejaring profesional. Ini memungkinkan pengguna untuk dapat membangun dan memperluas jaringan karir maupun bisnis mereka secara online. Para eksekutif dari semua perusahaan di Fortune 500  banyak memiliki akun di platform sosial media ini untuk mencari pekerja atau karyawan bagi perusahaan mereka.

Resmi diluncurkan pada Mei 2003, LinkedIn bertujuan untuk menghubungkan para profesional dari berbagai bidang dan memfasilitasi pertukaran informasi, peluang kerja, serta kolaborasi di dunia kerja. Dengan lebih dari 900 juta pengguna di seluruh dunia, media sosial ini telah menjadi sumber daya yang tak ternilai untuk membangun reputasi dan mencari peluang karir.

mengenal linkedin

Source: Pexels

Fitur dan Fungsi LinkedIn Untuk Pencari Kerja

Memahami LinkedIn itu apa dimulai dengan mengenal fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform ini beserta fungsinya. Hal ini membantu pengguna untuk memaksimalkan pengalaman profesional mereka, terutama dalam mencari pekerjaan. Berikut adalah bagian-bagiannya:

Profil LinkedIn

LinkedIn memiliki fitur Profil pengguna. Ini merupakan bagian yang menampilkan identitas profesionalmu. 

Di sini kamu dapat membagikan beragam informasi berkaitan profesimu, termasuk: pengalaman kerja atau magang, posisimu dalam karir saat ini, riwayat pendidikan, keahlian yang dimiliki, dan pencapaian yang pernah diperoleh. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk menarik minat para profesional yang ingin lebih mengenal profil dan potensimu.

Koneksi dan Jaringan Profesional

LinkedIn juga menyediakan fitur koneksi dan jaringan. Bagian ini memungkinkan Anda untuk dapat terhubung dengan ragam jenis pengguna, termasuk: kolega, relasi bisnis, teman sependidikan, dan profesional lainnya. 

Jaringan yang kamu bangun di LinkedIn dapat membantu memperluas lingkaran profesional, membuka peluang kolaborasi, dan berpotensi menghadirkan kesempatan kerja sama yang berharga. Terhubung bersama orang-orang dengan latar belakang dan minat serupa bermanfaat untuk perkembangan kariermu.

Grup

Fitur LinkedIn selanjutnya adalah grup. Ini memungkinkanmu untuk bergabung dalam komunitas yang relevan dengan minat atau industrimu. Grup adalah wadah yang ideal untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilanmu, serta mengikuti perkembangan terbaru dalam industri yang digeluti. 

Dengan aktif berpartisipasi dalam diskusi dan berbagi pemikiran, kamu bisa membangun reputasi sebagai pemikir yang berpengaruh dan kredibel dalam lingkungan profesional.

Pesan dan Berbagi Konten

LinkedIn menyediakan fitur pesan yang memungkinkan Anda berkomunikasi dan menjaga kontak dengan rekan kerja, kolega, atau pihak yang terkoneksi denganmu. Ini membantu menjaga hubungan kekerabatan dengan orang-orang dalam lingkaran profesionalmu.

Disamping fitur pesan itu, LinkedIn juga memungkinkan untuk berbagi konten profesional seperti artikel, pemikiran, atau berita yang relevan dengan minat dan industri yang diikuti. Kemampuan ini dapat ditujukan untuk memperlihatkan keahlian dan pemahamanmu dalam bidang tertentu. Ini dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitasmu di dunia kerja.

Pencarian Pekerjaan dan Peluang Bisnis

Fitur paling menarik milik LinkedIn adalah pencarian atau penawaran pekerjaan yang memungkinkan pengguna mencari maupun membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan profil dan minatnya. 

Kamu juga bisa menggunakan LinkedIn untuk mencari peluang bisnis, menemukan klien atau mitra potensial, serta mempromosikan produk maupun layananmu.

interview pencari kerja

Source: Pexels

Kegunaan Linkedin Untuk Sebuah Bisnis

Di samping untuk para pencari kerja, LinkedIn juga menawarkan berbagai manfaat bagi pebisnis profesional. Sebagai media sosial yang berfokus pada “mindset bisnis”, platform ini memiliki fitur halaman yang bisa ditujukan sebagai profil perusahaan.

Caranya adalah dengan mengakses bagian kerja di beranda, dan pilih buat halaman perusahaan. Akan diberikan beberapa opsi, termasuk perusahaan kecil (karyawan <200) hingga menengah ke besar (karyawan >200).

Melalui fitur halaman  tersebut, kamu bisa  mengoptimalkannya untuk keperluan bisnis, diantaranya:

1. Membangun dan Memperluas Jaringan Profesional

LinkedIn menjadi sarana yang efektif untuk memperluas jejaring profesional dan menjalin koneksi yang bernilai dalam dunia kerja. Gunakan fitur koneksi dan jaringan untuk terhubung dengan relasi bisnis, kolega, dan profesional lainnya. 

Tenang saja, LinkedIn juga memberikan rekomendasi koneksi berdasarkan informasi profilmu. Manfaatkan fitur ini untuk membangun Jaringan kerja yang kuat. Dengan begitu, kamu dapat memperluas relasi, mendapatkan saran atau wawasan bisnis untuk industri tertentu, dan menjalin hubungan yang produktif bagi keperluan bisnismu.

2. Meningkatkan Visibilitas dan Brand Awareness dari Bisnis

Membuat halaman yang menarik dan mengoptimalkan konten yang  dibagikan membantu perusahaan dalam meningkatkan visibilitasnya di LinkedIn. Sehingga, membuat bisnis lebih dikenal di kalangan korporasi lainnya dan meningkatkan potensi kerjasama.

Lengkapi semua yang diperlukan pada bagian profil halaman untuk mengoptimalkan visibilitas dan branding, mulai dari identitas dan detail perusahaan, hingga deskripsi dan tagline bisnismu. Ini membantu LinkedIn menghubungkanmu dengan lingkaran profesional yang relevan.

Pastikan menggunakan tata bahasa yang sopan termasuk ketika membagikan konten. Ingat bahwa LinkedIn adalah platform media sosial khusus profesional. Jadi, perhatikan kalimat yang akan digunakan karena dapat mempengaruhi penilaian pengunjung halaman bisnismu.

3. Mendapatkan Leads yang Berkualitas

Identitas halaman yang lengkap disertai dengan penggunaan tagline, hashtag yang relevan dan konten yang berkualitas akan menarik profesional yang memang berminat dengan industri bisnismu. Bahkan kamu bisa membagikan produk bisnis agar calon pelanggan bisa terhubung serta mengakses layananmu.

Selain itu, mendapatkan leads juga bisa melalui batang pencarian di bagian atas. Melalui fitur “pencarian lanjutan”, kamu bisa menemukan bisnis lain yang spesifik dan sekiranya berminat dengan layanan bisnismu. Gunakan fitur pesan untuk berinteraksi dan menawarkan bisnismu kepada usaha lain.

3. Meningkatkan Performa SEO

Seperti pada platform media sosial ternama lainya, Linkedin juga bisa memiliki potensi untuk menaikkan peringkat profil bisnis di halaman pencarian. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna dapat berbagi artikel-artikel yang beragam yang bertujuan untuk meningkatkan performa SEO serta efektivitas bisnis di Internet. 

Maka dari itu, kombinasi integrasi Search Engine Optimization dengan media sosial Linkedin sangat berperan penting dalam mencapai kesuksesan secara online. Hal ini dikarenakan perpaduan kedua elemen ini dapat menghasilkan dampak yang lebih besar jika dibandingkan dengan pemakaian secara terpisah.

Cara Membuat CV di LinkedIn

LinkedIn menyediakan fitur resume builder yang memudahkan kamu dalam menciptakan CV yang menarik perhatian para perekrut.

Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah menghasilkan CV profesional dalam waktu singkat berdasarkan informasi yang telah kamu isi di profil LinkedIn. CV tersebut kemudian dapat kamu unduh dalam format PDF. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan fitur ini:

  • Pilih opsi “Saya” yang terletak di pojok kanan atas halaman.
  • Akses profil kamu dengan mengklik “Lihat profil”.
  • Di bagian profil, temukan dan klik “Lainnya”.
  • Dari menu yang muncul, pilih “Buat resume”.
  • Selanjutnya, pilih “Buat dari profil” untuk memulai pembuatan CV.
  • Lakukan pratinjau CV yang telah dibuat.
  • Unduh CV yang telah selesai dalam format PDF.
kerja sama b2b

Source: Pexels

Kesimpulan

LinkedIn adalah platform jejaring profesional yang dapat membantu membangun jaringan profesional yang luas, meningkatkan visibilitas dan  branding, serta menemukan peluang karir dan bisnis yang berharga. 

Setelah memahami LinkedIn itu apa, termasuk fitur dan fungsinya, kamu dapat memaksimalkan potensi media sosial ini dan meraih kesuksesan dalam dunia kerja. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan LinkedIn dan mulailah mengembangkan kehadiran profesional onlinemu hari ini!

Apakah kamu memiliki usaha dan ingin agar bisa dikenal luas oleh khalayak di media sosial? Tidak perlu khawatir, percayakan pada Pixie Digital!. Kami adalah agensi digital marketing dengan pengalaman dalam iklan media sosial dan berdedikasi dalam membantu bisnis untuk sukses di dunia digital. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang!